Sejarah Tentang Komputer | Olenx Project


Sejarah Tentang Komputer
 - Komputer adalah alat yang dipakai sebagai pengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Pada awalnya Kata komputer dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Awalnya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Sehingga terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Pengertian lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", sehingga beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut sebagai komputer.
Kata komputer umum nya pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Sehingga Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama berlangsung Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Salah satu yang mendesain mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal adalah Charles Babbage. Adapun berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.

Jenis
Adapun definisi di atas mencakup banyak alat khusus yang hanya bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi ketika mempertimbangkan komputer modern, sifat yang paling membedakan mereka dari alat penghitung yang terdahulu ialah dengan pemrograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat apa pun meskipun akan dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang berbeda dan memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat komputer yang akan diciptakan manusia pada masa depan ( meskipun niscaya lebih lambat ). Istilahnya batas kemampuan ini adalah tes yang berguna karena mengenali komputer "maksud umum" dari alat maksud istimewa yang lebih awal. Definisi dari maksud umum ini bisa diformulasikan ke dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat meniru Mesin Turing universal. Mesin yang mendapat mendefinisi ini dikenal sebagai Turing lengkap dan yang pertama kali muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia.

Komputer benam
Pada 20 tahun yang lalu, banyak alat rumah tangga khususnya panel dari permainan video juga mencakup telepon genggam, perekam kaset video, PDA dan banyak sekali dalam rumahtangga, industri, otomotif, dan alat elektronik lain. Semua itu berisi sirkuit elektronik seperti komputer yang memenuhi syarat Turing-lengkap di atas (dengan catatan bahwa program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung di dalam chip ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah program mesin). Maksud dari khusus komputer yang lain secara umum dikenal sebagai "mikrokontroler" atau "komputer benam" (embedded computer). Dan oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer kepada alat yang maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi bagian dari sistem yang lebih besar seperti telepon, oven mikrowave atau pesawat terbang dapat diubah untuk berbagai maksud oleh pengguna tanpa modifikasi fisik. Adapun Komputer kerangka utama, minikomputer, dan komputer pribadi (PC) adalah macam utama komputer yang mendapat definisi ini.

Komputer pribadi
Personal Computer atau Komputer Pribadi adalah istilah untuk komputer yang banyak diketahui orang pada umumnya sehingga banyak orang yang tak akrab dengan bentuk komputer selain komputer pribadi. Hanya ada beberapa orang tertentu saja yang memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjukkan istilah yang lebih spesifik dan tepat.
Komputer Pribadi pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1980 oleh almarhum Eddy Liew, pendiri Dragon Computer & Communication melalui merek Sinclair yang berasal dari Inggris.
Komponen komputer secara utuh
1.   Processor
2.   Memory
3.   Motherboard
4.   Casing
5.   Power Suplay
6.   CD Rom
7.   Monitor
8.   VGA
9.   Hardisk

Cara kerja komputer
Pada tahun 1940-an sejak komputer pertama saat itu teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti secara dramatis. Komputer pada waktu itu kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann yang diusulkan pada awal 1940-an oleh John von Neumann dan menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmetika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori dan alat masukan kemudian hasil ( secara kolektif dinamakan I/O ). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus"

Memori
Memori adalah urutan byte yang dinomori ( seperti sel atau lubang burung dara ), masing-masing berisi sepotong kecil informasi di sistem ini. Mungkin informasi ini menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel akan berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot akan berisi salah satu dan apa yang sekarang menjadi data adalah kemudian menjadi perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner dan informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai mana contoh nya Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) menggunakan salah satu metode pemecahan dan instruksi yang lebih kompleks akan bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang sudah tersimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Memori secara umum bisa ditulis kembali lebih dari jutaan kali. Memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat digunakan untuk menulis dan menghapus kembali daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Untuk ukuran masing-masing sel dan jumlah sel dapat berubah secara hebat dari komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat - dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa kemudian pegas di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.

Pemprosesan
Unit Pengolah Pusat atau CPU (Central processing Unit) adalah yang berperan untuk memproses perintah yang diberikan oleh pengguna komputer, mengelolanya bersama data-data yang ada di komputer. Unit atau peranti pemprosesan ini akan berkomunikasi dengan peranti input, output dan storage untuk melaksanakan instruksi yang saling terkait.
Von Neumann menjelaskan Dalam arsitektur dia yang asli sebuah Unit Aritmetika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam sebuah komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).

Unit Aritmetika dan Logika atau Arithmetic Logic Unit (ALU) adalah sebuah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmetika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan misalnya akan membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan. Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang sebenarnya.

Unit kontrol akan menyimpan perintah saat ini yang dilakukan oleh computer dan memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapatkan kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Unit ini berfungsi mengontrol pembacaan instruksi program komputer.

Masukan dan hasil 
I/O membolehkan agar komputer mendapatkan informasi dari dunia luar dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berupa berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada juga berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, pencetak, pemindai, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital dan alat output, men-decode data ke dalam sebuah informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh untuk sistem pengolah data.

Halaman Berikutnya..
service komputer panggilan

Jasa Service Komputer Panggilan

Service Komputer Panggilan
Olenx Project melayani service komputer dan laptop panggilan di wilayah Tangerang Selatan, termasuk Pamulang, Ciputat, Ciputat Timur, Pondok Aren, Serpong, Serpong Utara, dan Setu. Juga melayani area jabodetabek seperti Jakarta selatan, jakarta barat, jakarta timur, jakarta utara, jakarta pusat, bogor, bekasi dan depok. Dalam dunia yang semakin tergantung pada teknologi, jasa service komputer sangat penting dalam memperbaiki masalah dan menjaga kinerja optimal komputer Anda. Dengan menggunakan jasa service yang profesional dan terpercaya, Anda dapat menghemat waktu, mencegah kerusakan lebih lanjut, dan memastikan bahwa data Anda tetap aman. Jangan ragu menghubungi kami untuk mencari jasa service komputer yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda.
Jasa Instal Komputer dan Laptop

Jasa Instal Komputer dan Laptop

Instalasi Perangkat Lunak
Instalasi perangkat lunak adalah proses menginstal perangkat lunak baru atau pembaruan ke komputer Anda. Ada beberapa cara untuk menginstal perangkat lunak, tetapi metode yang paling umum adalah dengan mengunduh file instalasi dari internet dan kemudian menjalankannya. Jangan ragu menghubungi layanan jasa service komputer panggilan kami untuk mencari jasa instalasi komputer yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda. Olenx Project melayani service komputer dan laptop panggilan di wilayah Tangerang Selatan, termasuk Pamulang, Ciputat, Ciputat Timur, Pondok Aren, Serpong, Serpong Utara, dan Setu. Juga melayani area jabodetabek seperti Jakarta selatan, jakarta barat, jakarta timur, jakarta utara, jakarta pusat, bogor, bekasi dan depok.
service repair komputer

Perbaikan Komputer dan Laptop

Perbaikan Hardware Komputer
Perbaikan hardware komputer adalah proses memperbaiki atau mengganti komponen fisik komputer yang rusak. Komponen komputer yang sering mengalami kerusakan meliputi Motherboard, Processor, RAM, Hard drive, Power supply, Kartu grafis. Perbaikan hardware komputer biasanya dilakukan oleh teknisi komputer profesional. Teknisi yang berpengalaman akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memperbaiki atau mengganti komponen komputer dengan benar. Jangan ragu menghubungi layanan jasa service komputer panggilan kami untuk mencari jasa perbaikan hardware komputer yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda. Hubungi Segera Jasa Service Komputer Kami sekarang juga di 0857-7064-0128